Tuesday, October 16
Home>>Kehamilan>>Susah Senangnya Hamil 6 Bulan! Apa yang Moms Rasakan?
Kehamilan

Susah Senangnya Hamil 6 Bulan! Apa yang Moms Rasakan?

Hamil 6 bulan adalah masa yang mengagumkan dimana Moms sudah bisa berinteraksi dengan si kecil. Sejak usia 5 bulan, indra pendengaran janin sudah terbentuk dan terus berkembang sehingga sekarang ia mampu merespon Moms dengan gerakan. Di masa ini, mendengarkan musik klasik sangat disarankan karena bisa membantuk mengoptimalkan kecerdasan si kecil. Untuk rangkuman perkembangannya busa Moms lihat di daftar yang kami buat berikut ini.

Usia 25 Minggu

Pada usia ini, janin memiliki detak jantung yang lebih lambat dengan 140 denyutan setiap menitnya. Kulitnya pun lebih halus karena jaringan sudah berkembang secara signifikan dan sesekali Anda dapat mendengarkan reaksi cegukannya.

Usia 26 Minggu

Berat badan si kecil sudah bertambah berat dengan ukuran rata 760 gram dengan panjang 36cm. Mata si kecil sudah bisa terbuka bahkan sudah bisa meresponse terhadap cahaya. Coba Moms arahkan senter ke arah perut, si kecil akan berusaha memalingkan wajah.

Usia 27 Minggu

Berat badan si kecil bertambah lagi menjadi 875 gram dengan perkembangan panca indra yang lebih sempurna. Si kecil pun sudah memiliki jadwal tidur sendiri meskipun tidak sama dengan jadwal Moms.

Usia 28 Minggu

Ketika bayi telah memasuki usia 28 minggu, diperkirakan bobotnya telah mencapai kisaran 1 kg dengan penambahan panjang 2cm. Mata si kecil pun sudah memiliki bulu mata, tulang sudah mengeras dan lapisan lemaknya juga semakin berkembang. Di usia ini, Moms sudah memastikan kalau jaringan otak janin telah berkembang begitu cepat.

Hal yang Akan Terjadi pada Moms Saat Hamil 6 Bulan

Di usia kehamilan 6 bulan, Moms kemungkinan bakal sering mengalami kram kaki, hemoroid, konstipasi hingga insomnia. Ini berkaitan dengan perubahan hormon yang terus berubah karena menyesuaikan perkembangan si kecil.

Pada masa hamil 6 bulan ini, Moms juga diwajibkan memperhatikan asupan gizi seperti mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan, makanan yang mengandung vitamin B, gandum, beras merah dan sejumlah nutrisi lain yang mengatasi konstipasi.

Terkadang Moms akan mengalami sesak napas akibat ukuran bayi sudah mencapai rusuk dan menekan diafragma. Si kecil memiliki ruang gerak yang terbatas sehingga sangat dianjurkan berlatih pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *