Tuesday, October 16
Home>>Janin>>Serangan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu Saat Usia Janin 7 Bulan
Janin

Serangan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu Saat Usia Janin 7 Bulan

Sering mengalami nyeri saat usia janin 7 bulan? Hati-hati! Bisa jadi Moms mengalami kontraksi palsu atau Braxton Hicks.

Apa Saja Tanda Kontraksi Palsu atau Braxton Hicks Saat Usia Janin 7 Bulan?

Sebenarnya, kontraksi palsu merupakan hal normal karena ini kerap terjadi pada wanita bahkan pada usia tujuh minggu. Namun dengan ukuran perut dan rahim yang masih tidak terlalu besar, Moms tidak merasakannya. Pada saat hamil tua, hal ini dianggap sebagai peringatan penting tubuh untuk menghadapi persalinan. Kontraksi ini umumya mulai terasa saat usia kehamilan 16 minggu dan tidak menimbulkan efek yang berarti.

Gejala kontraksi palsu ini berupa otot rahim yang mengencang. Saat Moms mencoba menempelkan tangan tepat di atas perut, Moms akan merasakan tegangan otot di atas rahim. Berbeda dengan konstraksi persalinan, kontraksi palsu hanya berlangsung sekitar 30 detik, tidak teratur dan hanya beberapa kali saja sehari.

Sayangnya, banyak sekali Moms yang belum bisa membedakan antara kontraksi persalinan dan kontraksi palsu, berikut adalah perbedaannya:

  • Kontraksi persalinan cenderung teratur dengan frekuensi yang lebih banyak. Sementara kontraksi palsu hanya 1-2 kali per jamnya dan hanya beberapa kali saja dalam sehari.
  • Kontraksi palsu hanya sebentar dan kurang dari 1 menit, sementara kontraksi persalinan kerap terjadi di atas 1 menit.
  • Untuk kontraksi persalinan meskipun Moms melakukan aktifitas kontraksi ini tidak akan berhenti. Sebaliknya kontraksi palsu akan hilang saat Moms bergerak melakukan sesuatu.
  • Kontraksi palsu meskipun tidak teratur, kekuatannya stabil dan tidak meningkat. Berbeda dengan kontraksi persalinan yang mana Moms akan mengalami nyeri hebat menjelang persalinan.
  • Kontraksi kelahiran muncul dari punggung bawah yang menyebar ke area depan atau sebaliknya sementara kontraksi palsu hanya di area perut bagian depan.

Apa Yang Bisa Moms Lakukan?

Janin 7 bulan kerap mendapatkan kontraksi palsu dan ini kerap mengganggu rutinitas Moms. Nah, Moms bisa mandi dengan air hangat agar tubuh rileks, minum air hangat atau teh (jangan terlalu banyak karena berkafein) serta merubah posisi tubuh saat tidur agar lebih nyaman. Selain itu, perbanyaklah gerak seperti jalan-jalan pagi atau berlatih pernapasan untuk mengurangi nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *