Tuesday, October 16
Home>>Janin>>Posisi Tidur Paling Nyaman untuk Moms yang Mengandung Janin 9 Bulan
Janin

Posisi Tidur Paling Nyaman untuk Moms yang Mengandung Janin 9 Bulan

Mengandung janin 9 bulan bukanlah hal yang mudah bagi Moms. Sejumlah hal harus dilakukan hati-hati, bahkan untuk posisi tidur sekalipun karena ini bisa mengganggu organ tertentu apa bila dilakukan sembarangan. Berikut adalah tips mendapatkan posisi tidur yang nyaman untuk Moms.

Posisi Tidur Paling Nyaman untuk Moms yang Mengandung Janin 9 Bulan

Hindari Posisi Tengkurap dan Telentang

Saat usia janin 9 bulan, sebaiknya Moms menghindari posisi tidur telentang karena tepat di belakag perut ada pembuluh vena cafa inferior dan juga aorta yang berfungsi mengalirkan darah dari jantung dan mengembalikannya lagi ketempat semula. Nah, bila pembuluh darah ini tertekan, akibatnya sikulasi darah tidak lancar dan mengganggu keadaan bayi dan Moms sendiri.

Inilah alasannya kenapa Moms sulit bernapas di usia ini. Posisi telentang mengakibatkan organ seperti usus jadi tertekan. Meski demikian, saat bayi merasa tidak nyaman dengan posisi Moms, ia akan memberikan Moms reaksi agar posisi tidur dirubah.

Selain itu, posisi telungkup akan membat organ dan janin tertekan dan ini tidak baik.

Pilih Posisi Miring

Tidur dengan posisi badan dimiringkan adalah opsi terbaik untuk Moms yang mengandung janin 9 bulan. Berbaringlah ke sisi kiri karena hal ini tidak akan menekan organ hati dan juga membantu meningkatkan sirkulasi nutrisi, oksigen dan juga darah ke arah janin.

Selain melakukan hal di atas, penggunaan bantal perut bisa membuat Moms jauh lebih nyaman. Letakkan juga bantal lebih tinggi untuk mencegah asam lambung naik kalau Moms sering mengalami nyeri ulu hati. Meletakkan bantal di sisi tubuh pun juga membantu Moms merasa lega saat bernapas.

Kehamilan di bulan ke-9 memang sangat merepotkan dan membuat Moms sering was-was. Belum lagi saat tiba-tiba Moms kesulitan membedakan kontraksi palsu dan juga kontraksi persalinan. Ada baiknya Moms berkonsultasi secara rutin ke dokter kandungan untuk memastikan apa yang terjadi dengan janin Moms. Selain itu, terus lakukan gaya hidup sehat dan hindari stress agar persalinannya lancar dan bayi selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *