Tuesday, October 16
Home>>Kehamilan>>Perkembangan Janin dan Perubahan yang Moms Alami Saat Hamil 5 Bulan
Kehamilan

Perkembangan Janin dan Perubahan yang Moms Alami Saat Hamil 5 Bulan

Saat Moms berada di usia hamil 5 bulan, Moms bisa dikatakan berada di masa yang sangat nyaman. Pada usia kehamilan 21-22 cm berat badan si kecil biasanya mencapai 340-360 gram. Bahkan di usia kehamilan 5 bulan ini si kecil sudah nyaris seperti bayi yang siap lahir. Hanya saja berat badan dan sejumlah organ yang belum sempurna. Namun, organ pankreas, bibir, mata terlihat lebih sempurna. Detail singkatnya adalah sebagai berikut:

Hamil 21 Minggu

Tubuh janin sudah memiliki bulu halus yang disebut dengan lanugo. Bulu ini akan menjaga suhu tubuh dan nanti akan menghilang dengan sendirinya saat si kecil sudah lahir.

Pada janin berkelamin perempuan, vagina sudah terbentuk dan akan terus berkembang sampai masa kelahiran tiba.

Di masa ini janin masih bernapas melalui plasenta karena paru-parunya belum sempurna.

Hamil 22 Minggu

Di usia kehamilan 23 minggu, pendengaran si kecil akan semakin sempurna. Di masa ini Moms sudah bisa menderngar detak jantung hingga pergerakan si kecil. Karena pendengarannya sudah semakin baik, tidak heran bila si kecil sudah bisa mendengar suara dari luar, seperti TV, musik hingga percakapan Moms sekalipun.

Usia 24 Minggu

Di ujung minggu hamil 5 bulan, janin sudah memiliki lemak dengan kulit yang masih sangat tipis dan juga rapuh. Akan tetapi di masa ini otak janin berkembang begitu cepat dan mulai ada pola sidik jari. Di usia ini memang Moms harus juga berhati-hati kendatipun dianggap sebagai bulan yang paling nyaman. Pasalnya diusia ini rentan sekali kejadian bayi prematur. Ukurannya pun bertambah menjadi 30 cm dengan berat badan 30cm.

Apa Saja Perubahan Yang Moms Rasakan?

Pastikan Moms mengecek berat badan saat hamil 5 bulan. Biasanya pertambahan berat badannya menjadi 5,5-7kg. Setelah ini berat badan Moms akan naik lagi kisaran 200-250 per minggunya.

Sisi nyaman dari masa kehamilan bulan ke-lima tersebut yaitu meredanya morning sickness. Moms sudah bisa beraktifitas dengan normal diiringi perkembangan perut yang terus membesar. Stretch marks pun juga sudah bermunculan.

Pastikan di usia ini Moms menerapkan pola hidup sehat dengan makan gizi seimbang, serta olahraga ringan. Disamping itu, kelola stres agar tidak mempengaruhi kesehatan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *