Tuesday, October 16
Home>>Bayi>>Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif untuk Bayi Usia 0-6 Bulan
Bayi

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Saat bayi dilahirkan, sumber nutrisi utama dan satu-satunya adalah ASI. Meski hanya satu-satunya, ASI eksklusif memberi manfaat kompleks bagi bayi, terutama untuk mereka yang masih rapuh atau berada pada kisaran usia 0-6 bulan. Lantas, apa saja manfaat kompleks dari ASI ini sehingga sangat penting untuk bayi 0-6 bulan? Berikut ulasannya untuk Moms.

·        Meningkatkan Antibodi Alami

Sejak tetes pertama yang mengandung kolostrum, ASI memiliki kandungan antibodi alami tinggi yang bisa mencegah bayi dari infeksi dan gangguan kesehatan lainnya. Ciri-ciri kolostrum adalah berwarna kekuning-kuningan dan ke luar dari payudara ibu saat 1-3 hari setelah berlangsungnya proses persalinan atau kelahiran bayi.

ASI eksklusif pertama yang mengandung kolostrum bukan hanya sebagai perisai dan pertahanan tubuh, melainkan bisa membunuh kuman yang berada di dalam tubuh bayi. Manfaat ini membuat ASI yang mengandung kolostrum kerap disebut imunisasi alami dan pertama untuk bayi.

·        Sumber Nutrisi Lengkap

Seperti yang diulas secara sekilas pada pembuka, ASI memiliki manfaat kompleks karena nutrisi di dalamnya juga cukup lengkap untuk bayi 0-6 bulan. Kandungan ini membantu bayi dalam proses pertumbuhan, perkembangan, kesehatan, serta mengoptimalkan sistem pertahanan dalam tubuh terhadap penyakit (sistem imun).

Oleh karena itu, bayi 0-6 bulan yang mendapay ASI eksklusif ini tidak membutuhkan makanan lainnya. Baik itu air putih, susu formula, madu, pisang, dan lainnya baru bisa Mom berikan padanya saat sudah melewati usia 6 bulan. Jadi, untuk usia 6 bulan sampai 2 tahun, bayi boleh mendapat asupan lain yang disebut MPASI (Makanan Pendamping ASI).

·        Mengoptimalkan Perkembangan Otak

Beberapa penelitian terhadap bayi yang minum dan tidak minum ASI (karena ibu meninggal saat melahirkan) dari 0-6 bulan, membuktikan adanya pengaruh ASI bagi perkembngan dan kecerdasan bayi.

Bayi yang mendapat asupan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya, cenderung memiliki intelegensia lebih tinggi dibandingkan bayi yang asupannya berupa susu formula (non-ASI). Terutama karena adanya kandungan asam lemak yang terdapat dalam ASI. Jadi, jangan sepelekan manfaat ASI ini ya Mom, jika ingin buah hati cerdas.

·        Cocok untuk Pencernaan Bayi

Meski semua organ tubuh bayi sudah berkembang sempurna selama bulan terakhir di dalam perut Mom, sistem pencernaannya masih terlalu lemah untuk menerima asupan selain ASI. Oleh karena itu, hanya ASI eksklusif yang sosok untuk pencernaanya.

Bahkan, suhunya selalu cocok untuk bayi sehingga Mom tidak perlu khawatir jika mulut si kecil akan merasa kepanasan atau kedinginan. Bayi 0-6 bulan yang hanya mendapat asupan ASI tanpa susu formula juga cenderung memiliki bobot tubuh ideal. Penyebabnya adalah susu formula yang cenderung merangsang produksi insulin.

Insulin ini menjadi pemicu pembentukkan lemak. Selain itu, kadar hormon leptin dalam tubuh bayi yang hanya mengonsumsi ASI lebih tinggi. Hormon ini berperan dalam metabolisme lemak dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama bagi bayi.

·        Mengurangi Risiko Kematian Mendadak

Banyak ibu hamil yang mengalami kesedihan mendalam karena kehilangan buah hatinya padahal sudah berhasil dilahirkannya dengan susah payah. Biasanya, kematian medadak atau SIDS hal ini terjadi saat si kecil tertidur sehingga jarang disadari ibunya.

Nah, dengan hanya mengonsumsi ASI minimal 2 bulan pertama kelahirannya, Mom sudah turut aktif dalam mengurangi risiko terjadinya SIDS pada si kecil. Terbukti ASI ini memiliki peran yang sangat banyak dan kompleks bukan, Mom?

Peran penting ASI eksklusif lainnya untuk pada bayi 0-6 bulan yaitu mendorong pertumbuhan tulang, terutama tulang belakang dan tulang leher. Selain itu, ASI ini juga bermanfaat untuk Mom, yaitu bisa menghilangkan stres, mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium, KB alami, sampai memperkuat hubungan antara Mom dengan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *