Tuesday, October 16
Home>>Bayi>>Kemampuan yang Diperlihatkan dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan
Bayi

Kemampuan yang Diperlihatkan dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan

Mengikuti perkembanganbayi 3 bulan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh orang tua mana pun.Terutama setelah menanti proses persalinan yang memakan waktu cukup lama. Ketika sudah berusia 3 bulan, si kecil sudah mampu beraktivitas dengan cara-cara sebagaimana berikut ini.

A. Main-Main dengan Tangannya Sendiri

Saat usia 3 bulan, ia sudah mampu bersenang-senang dengan tangannya sendiri. Hal itu diperlihatkan dengan cara memainkan jari-jari sambil mengamatinya. Kemudian menyatukan tangan sambil mengungkapkan ekspresi tertentu. Kerapkali jari-jemarinya dimasukkan ke dalam mulut dan disedot-sedot layaknya mengisap ASI.

B. Mampu Bereaksi saat Diminta Memegang Benda

Seiring hari, perkembangan bayi 3 bulan akan ditandai dengan semakin mahirnya mengkoordinasikan antara mata dengan gerakan tangannya. Pada waktu tersebut, Mom bisa ambilkan benda dan lihatlah bagaimana responsnya terhadap permainan itu. Biasanya dia akan berusaha meraih mainan yang Mom berikan, meskipun seringkali jatuh.

C. Mampu Menendang dengan Cukup Kencang

Pada usia 3 bulan, otot-otot yang berada pada sendi panggul dan lutut semakin kuat. Tendangan yang ia perlihatkan pun cukup keras daripada sebelumnya. Biasanya, akibat dari tendangan itu, tubuhnya terdorong ke atas. Pada saat dia melakukan aktivitas ini, dampingi dia. Terutama kalau dia tidur di atas ranjang yang cukup tinggi dari lantai.

D. Tangannya Mulai Meraba-raba

Pada perkembangan bayi 3 bulan, sensor motoriknya semakin bekerja dengan baik. Tangannya mulai peka dengan permukaan yang halus, kasar, berbulu, dan sebagainya. Ketika sang buah hati sudah memperlihatkan kemampuan ini, tinggal Mom berikan saja aneka mainan agar bisa mendapatkan pengalaman baru, seperti boneka, kerincingan, dan lain-lain.

E. Dia Mampu Menirukan Suara dan Juluran Lidah

Walaupun suaranya tidak betul-betul mirip, tapi dia sudah mampu melakukannya. Begitu pun saat Mom menjulurkan lidah. Dalam beberapa detik saja, dia langsung merespons dengan gerakan yang sama. Perlihatkan pula cara-cara tertawa, maka dengan sendirinya dia akan mengikuti.Amat mengasyikkan ketika melihat dia bisa berkembang sejauh itu.

F. Mampu Merespons Ajakan Bicara

Walaupun belum bisa mengeluarkan kata-kata, tapi bayi yang berusia 3 bulan sudah dapat merespons dengan baik. Reaksinya akan diperlihatkan dengan cara menatap orang yang mengajaknya bicara. Kemudian seakan-akan dia bergumam dan ingin menjawab. Pada perkembangan bayi 3 bulan ini, sebaiknya perbanyak lagi ajakan bicara biar bisa terekam.

G. Mampu Mengenali Orang Tua dan Mengidentifikasi Wajah Baru

Kebiasaan ada karena dilatih setiap hari. Oleh karena itu, saat berinteraksi, dia lebih suka dengan orang yang sering bersamanya. Apabila ada seseorang yang sama sekali baru tiba-tiba masuk ke ruangan, dia langsung tahu dan menunjukkan reaksi yang berbeda. Ketika Mom baru pergi dan datang, dia langsung menyambut dengan senyum sambil gerakkan tangan.

H. Dia Sudah Mulai Mahir Mengamati Benda dan Bayi di Sekitar

Dalam perkembangan bayi 3 bulan, ajak dia jalan-jalan secara rutin. Tujuannya untuk mengenalkan bahwa sosialisasi itu baik. Jadi, ketika dia sudah tumbuh, cenderung santai saat bermain dengan teman sebayanya. Pada usia 3 bulan, dia selalu mengamati orang-orang baru. Bahkan bayi-bayi lain ketika berkumpul di tempat yang sama.

I. Mulai Berceloteh dan Menirukan Suara-Suara

Pada momen ini,akan tercipta suatu hal yang luar biasa. Tampaknya meracau tidak jelas, tapi dalam bahasa bayi, sesungguhnya dia tengah mengekspresikan ilmu yang dipelajarinya selama ini. Mulai dari pengalaman mendengarkan suara orang tua, burung, radio, dan lain-lain di dekatnya.

Dalam perkembangan bayi 3 bulan,mainan untuk keseharian lebih baik dipilih yang minim risiko.Bukan benda-benda kecil yangbisa tertelan.Biar kemampuan yang dimiliki semakin mudah diperlihatkan. Sebagai catatan, berat normal bayi 3 bulan itu sekitar 5,1-7,9 untuk laki-laki dan 4,6-7,4 untuk perempuan.Kemudian naik pesat saat menuju 4 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *