Tuesday, October 16
Home>>Janin>>Kasus Menakutkan Tentang Still Birth pada Janin 6 Bulan yang Sulit Diprediksi
Janin

Kasus Menakutkan Tentang Still Birth pada Janin 6 Bulan yang Sulit Diprediksi

Dalam keadaan janin 6 bulan, potensi kematian bayi masih tinggi bila Moms terlambat melakukan penanganan. Kondisi ini dikenal dengan still birth atau biasa disebut juga bayi lahir mati dimana biasanya bobot bayi sudah melebihi 500 gram. Bila kematian janin umurnya di bawah 500 gr dan usianya di bawah 20 minggu, maka konsep ini disebut dengan keguguran. Konsep ini sering salah di kalangan masyarakat.

Kematian bayi dalam kandungan ini sering kali tidak diketahui karena memang sulit sekali didiagnosa. Biasanya, kematian bayi ini terjadi dikarenakan plasentanya bermasalah. Suplai darah yang terganggu menyebabkan pertumbuhan janin jadi tersendat hingga janin mengalami kematian.

Permasalahan still birth ini menurut para ahli juga disebabkan cacat genetis, preeklamsia, juga janin yang terlilit tali pusat dan masih banyak lagi.

Disamping itu, kondisi still birth ini juga dikarenakan hamil di usia di atas 35 tahun. Wanita yang hamil pertama kali di usia ini memiliki resiko tinggi mengalami still birth. Dalam kondisi ini dokter akan menyarankan pemeriksaan rutin karena kasus still birth ini sulit sekali diprediksi. Disamping itu, Moms juga harus menjaga pola hidup sehat. Beberapa langkah berikut ini akan membantu Moms menghindari kasus still birth.

  • Melakukan gaya hidup sehat. Konsumsilah makanan yang memiliki gizi seimbang seperti kacang-kacangan, telur, daging, sayur berwarna hijau gelap dan ikan. Untuk ikan seperti salmon sangat bagus, hanya saja Moms harus menguranginya karena dikhawatirkan paparan merkurinya. Pastikan juga hanya memakan makanan yang matang sempurna dan hindari raw food seperti sushi atau bahkan sate sekali pun. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari infeksi bakteri, parasit atau cacing.
  • Pastikan Moms punya berat badan yang seimbang dan tubuh sehat sebelum merencanakan kehamilan.
  • Sering-seringlah mengamati pergerakan janin, terutama di uris kehamilan ke-26 sampai ke-28. Mengetahui ritme pergerakan si kecil sangatlah penting agar Moms bisa memastikan kalau si janin baik-baik saja.
  • Rutin periksa ke dokter untuk mengetahui perkembangan janin.

Meski kasus still birth pada usia janin 6 bulan ini menakutkan, Moms jangan terlalu stress karena bisa membuat kandungan tidak sehat. Tetaplah rileks dan jaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *