Wednesday, November 14
Home>>Kehamilan>>Intip Yuk, Perubahan yang Muncul Saat Moms Hamil 7 Bulan!
Kehamilan

Intip Yuk, Perubahan yang Muncul Saat Moms Hamil 7 Bulan!

Berbeda saat usia kandungan 6 bulan, hamil 7 bulan memberikan tantangan tersendiri bagi Moms. Di masa ini, kebutuhan nutrisi si kecil sedang naik-naiknya sehingga Moms disarankan selalu menjaga asupan makanan seperti cukup mengkonsumsi kalsium, asam folat, zat besi, vitamin dan juga protein.

Tantangan terberat pada saat hamil di usia ini adalah Moms semakin sulit bernapas. Mau dibawa duduk, berdiri tiba-tiba hingga berbaring, pernapasan Moms terasa lebih berat. Hal ini lumrah asalkan Moms tidak punya riwayat penyakit lain dan tidak disertai gejala berbahaya penyakit. Untuk mengatasinya, Moms bisa latihan pernapasan hingga mencari posisi tidur yang paling nyaman.

Ngomong-ngomong soal kelahiran ada perubahan signifikan pada janin yang sejatinya akan membuat Moms lebih bahagia. Apa saja ya?

Usia Kehamilan 29 Minggu

Untuk bayi laki-laki, testikel sudah turun ke skrotum sementara klitoris pada janin perempuan sudah nampak. Di saat ini, kepala si kecil akan semakin besar dengan tulang-tulang yang telaj keras. Perkembangan ini diiringi dengan organ lain seperti otak, otot dan paru-paru meskipun belum sempurna.

Usia Kehamilan 30 Minggu

Saat ini, panjang bayi telah mencapai 39 cm dengan berat 1,3kg. Dimasa ini Moms tidak perlu kaget saat panjang bayi melambat. Yang naik signifikan adalah berat badannya. Di saat hamil 7 bulan ini, yang paling bagus adalah menstimulasi si kecil dengan cahaya agar matanya lebih berkembang.

Usia Kehamilan 31 Minggu

Bobot bayi sudah mencapai 1,5kg dengan panjang sekitar 41cm. Pergerakan si kecil jauh lebih stabil dan ia sudah buang air kecil di dalam ketuban. Di saat ini, susum tulang telah mengambil alih produksi sel darah merah.

Usia Kehamilan 31 Minggu

Setelah bayi sudah di usia ke 32 minggu, posisi kepalanya sudah bergerak menuju ke bawah. Kulitnya semakin hari semakin mulus disertai daya isap yang terus berkembang. Moms pun akan melihat si kecil kadang mengisap jempolnya. Di saat ini, kadar cairan dalam ketuban meningkat drastis. Janin akan meminum air ketuban dan mengeluarkannya dalam bentuk urine.

Saat hamil 7 bulan akan ada banyak sekali kendala yang terjadi pada kesehatan Moms, mulai dari susah tidur, kaki bengkak, tekanan darah yang naik dsb. Hati-hati! Senantiasa jaga kesehatan dan selalu konsultasikan pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *