Tuesday, September 25
Home>>Kehamilan>>Hamil 9 Bulan – Lahir Diluar Prediksi Kelahiran Apakah Normal?
Kehamilan

Hamil 9 Bulan – Lahir Diluar Prediksi Kelahiran Apakah Normal?

Saat hamil 9 bulan, pembentukan organ pada janin sudah sempurna dan kini sudah saatnya Moms bersiap-siap jika sewaktu-waktu terjadi kontraksi. Perlu Moms ketahui, hanya 5% saja bayi lahir sesuai dengan prediksi. Jadi kalau Moms mendapati ketuban pecah lebih awal atau lebih lama dari tanggal prediksi, tetaplah tenang.

Pertumbuhan Janin Saat Usia Hamil 9 Bulan

Usia Kehamilan 37 Minggu

Di usia kehamilan 37 minggu, berat badan bayi sudah mencapai 2,8 kg dengan pancang 48cm. Kalau ini adalah kehamilan pertama Moms, biasanya si janin berada di rongga panggul. Untuk kehamilan ke-dua dan seterusnya, kemungkinan kepala janin masih belum turun. Perkembangan yang signifikan di usia ini terlihat pada rambut yang sudah menebal, kira-kira 2,5cm di kepala. Rambut halus lain juga tumbuh di tubuh si kecil yang disebut dengan lanugo dan akan menghilang dengan sendirinya setelah kelahiran.

Usia Kehamilan 38 Minggu

Pada usia ini, pertambahan berat badan akan terus meningkat dan seluruh organnya berfungsi.

Usia Kehamilan 39 Minggu

Perkiraan berat badan di usia ini yaitu 3,3 kg dengan panjang mencapai 50cm. Sementara itu, lapisan kulit luar janin akan mengelupas dan kemudian membentuk yang baru. Paru-paru yang sudah sempurna ini akan lebih banyak memproduksi surfaktan yang berupa zat untuk menghasilkan kantong udara. Sehingga, bayi sudah siap menghirup urada pertama kali  melalui paru-paru begitu dilahirkan.

Usia Kehamilan 40 Minggu

Kemungkinan besar di ujung usia hamil 9 bulan ini, si kecil sudah lahir ke dunia. Bisa lebih cepat atau bisa lebih lambat. Dan jangan khawatir karena janin telah mempelajari bagaimana hidup di dunia. Ini ditandai dengan kebiasaanya yang mengemut jari di dalam kandungan, yang artinya mengajarkan bagaimana si kecil mengenali puting susu Moms untuk menyusu.

Tanda-tanda kelahiran ini kerap muncul dengan munculnya kontraksi yang teratur. Senantiasa hadiri kelas persalinan untuk membantu melatih pernapasan Moms menjelang kelahiran nanti. Yang terpenting jangan panik dan stres karena semua akan baik-baik saja kalau Moms menjaga kesehatan dengan baik. Semoga lancar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *