Tuesday, September 25
Home>>Kehamilan>>Hamil 8 Bulan – Masa Sibuk Para Moms Menjelang Kelahiran
Kehamilan

Hamil 8 Bulan – Masa Sibuk Para Moms Menjelang Kelahiran

Hamil 8 bulan menjadi waktu yang paling mendebarkan bagi Moms. Pasalnya bulan ini adalah bulan untuk mempersiapkan kelahiran. Mau caesar atau normal? Saat ini Moms sedang sibuk-sibuknya mengurus perlengkapan bayi lengkap dengan persiapan persalinan seperti mulai melakukan senam pernapasan dan latihan menyusui.

Untuk Moms yang ingin melakukan persalinan normal, disarankan untuk ikut kelas senam hamil dan juga belajar tentang menejemen stres serta hal-hal lain paskah melahirkan. Tidak hanya itu, di usia ini Moms sudah sepatutnya bahagia karena perkemangan janin semakin sempurna. Seperti apa ya?

Pertumbuhan Janin Saat Hamil 8 Bulan

Usia Kehamilan 33 Minggu

Di awal usia kandungan 8 bulan, berat badan si kecil sekitar 2kg dengan panjang telah mencapai sekitar 44cm. Kepala janin sudah berada di bawah dengan posisi siap lahir. Namun menjelang persalinan, posisi kepala bayi bisa saja berubah sewaktu-waktu. Meski organ tubuh sudah mendekati sempurna, namun tempurung kepalanya masih belum begitu kuat dan ini wajar agar memudahkan si kecil melewati jalan lahir.

Usia Kehamilan 34 Minggu

Rata-rata bobot janin di usia ini sekitar 2,1 kg dan memiliki panjang 45 cm. Lemaknya semakin bertambah untuk menjaga suhu dalam tubuh. Sementara itu, tulang-tulang sudah mengeras, kecuali tempurung kepalanya. Karena tubunya semakin panjang, bayi akan menekuk lututnya hingga merapat ke dada. Akan tetapi Moms tidak usah khawatir karena normalnya seperti itu. Plus, Moms bisa merasakan pergerakannya.

Usia Kehamilan 35 Minggu

Pertambahan panjang bayi memang tidak terlalu signifikan. Hanya bertambah 1 cm menjadi 46 cm dengan berat badan 2,4 kg. Sementara itu, sepasang ginjal sudah sempurna dan organ hati telah berfungsi dengan baik dimana sisa metabolisme akan diolah di sini. Kadang, Moms akan melihat kaki atau sikunya yang menonjol di perut.

Usia Kehamilan 36 Minggu

Di ujung usia hamil 8 bulan, bobot si kecil akan terus bertambah 28 gram per harinya sehingga mencapai 2,6 kg (rata-rata) dan memiliki panjang sekitar 47 cm. Di saat ini, paru-paru, mulut, dan juga saluran pencernaan sudah sempurna.

Dengan semakin sempurnanya tubuh bayi, tidak sedikit Moms yang ingin melahirkan lebih awal dengan caesar agar mendapatkan tanggal cantik. Sebaiknya ini tidak dilakukan demi keamanan dan perkembangan si kecil paskah kelahiran karena akan menyebabkan resiko tertentu jika bayi lahir prematur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *