Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang umum pada wanita, biasanya siklus ini berlangsung antara 21-35 hari dengan lama masa haid sekitar 5-7 hari dan jumlah darah yang dikeluarkan tidak akan lebih dari 80ml, jika lebih dari 80 Ml maka dipastikan ada masalah kesehatan dalam tubuh anda.

Jika seorang perempuan mengalami masa haid yang lebih pendek atau lebih panjang, dan banyaknya darah melebihi 80ml berarti anda mengalami menstruasi yang tidak normal. Selain itu dalam beberapa kasus menstruasi ini juga kadanga datang dengan tidak teratur. Lalu apakah haid yang datang tidak teratur ini menunjukan bahwa terdapat gejala kanker serviks?

Karena stadium awal pada kanker serviks ini jarang sekali menunjukan gejala sehingga kanker serviks ini sangat ditakutii oleh kebanyakan perempuan. Kanker serviks ini biasanya akan mulai menunjukan gejala saat kanker sudah menjadi tumor dan penyebarannya sudah semakin luas.

Oleh karena itu sebaiknya anda selalu rutin melakukan pemeriksaan kanker serviks atau yang dikenal dengan pap smear, lakukan pap smear secara rutin sesuai dengan usia anda, agar jika terdapat sel kanker serviks maka akan segera dapat ditangani danmemiliki peluang kesembuhan yang lebih besar.

Dalam beberapa kasus kanker serviks, pada beberapa penderitanya memang ada yang mengalami waktu menstruasi  yang tidak teratur sebagai gejala dari kanker serviks yang dideritanya. Beberapa penjelasan yang akan dipaparkan dibawah ini akan menjelaskan mengapa terjadi haid yang tidak teratur, yaitu:

  • Polycystic ovaries (PCO)

Kondisi ini adalah ketika terdapat adanya kista yang jumlahnya lebih dari satu dan berukuran kecil sehingga perempuan yang menderitanya akan mengalami gangguan pada kesuburan dan sulit untuk memiliki keturunan.

Gejala yang dialami pada kondisi ini diantaranya adalah volum darah yang dikeluarkan saat menstruasi lebih sedikit dan jarang atau sebaliknya, yaitu haid terjadi dalam waktu yang lebih lama dan volume darah yang lebih banyak

  • Tumor atau kista ovarium

Salah satu gejala dari perempuan yang menderita penyakit tumor atau kista ovarium ini yaitu akan mengalami haid yang tidak normal dan mengalami rasa sakit yang tak sangat tidak tertahankan. Hal ini menunjukan bahwa kista sudah tumbuh lebih besar.

  • Kanker serviks

Salah satu gejala awal yang bisa timbul pada wanita yang terkena kanker serviks adalah siklus haid yang tidak teratur, dan jika sudah dalamkondisi  stadium lanjut biasanya volume darah haid akan lebih banyak dari seharusnya.

Setelah melihat beberapa penjelasan diatas kondisi siklus haid tidak teratur atau volum darah yang tidak sesuai dengan seharusnya ternyata ini tidak selalu menunjukan bahwa anda terkena kanker Rahim, namun dalam beberapa kejadian tidak teraturnya siklus haid da nada beberapa hal abnormal pada saat haid memang menjadi salah satu pertanda adanya kanker serviks.

Namun siklus haid yang tidak teratur juga bisa jadi menunjukan bahaya kondisi kesehatan lainnya,

Jadi akan lebih baik jika siklus haid anda tidak teratur anda segera berkonsultasi dengan dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat  dan mengetahui pertanda apakah siklus haid tidak teratur yang anda alami.

Pada dasarnya pertanda yang diberikan tubuh merupakan adanya hal yang salah didalam tuubuh anda,  oleh sebab itu ketika anda merasa ada gejala yang tidak seharusnya terdapat dalam tubuh anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *