Wednesday, November 14
Home>>Kehamilan>>Ciri-Ciri Hamil Bayi Perempuan dan Perubahan Fisik yang Terjadi
Kehamilan

Ciri-Ciri Hamil Bayi Perempuan dan Perubahan Fisik yang Terjadi

 

Salah satu momen yang paling ditunggu adalah ketika mencermati ciri-ciri hamil bayi perempuan atau lelaki. Buat Mom yang baru hamil di usia muda tentu belum merasakan bagaimana tegangnya momen itu. Nanti dan tunggu saja. Kali ini, kita akan membahas tentang ciri hamil bayi perempuan. Bagaimana saja tanda-tandanya?

A. Detak Jantung Bayi Lebih dari 140 Beat/Menit

Ukuran beat ini baru diketahui ketika Mom sudah pergi ke dokter untuk di-USG. Detak jantung tersebut lebih cepat dibandingkan dengan bayi laki-laki. Seiring waktu, detaknya akan terasa hingga ke permukaan perut. Tapi tidak semua ibu hamil mengalami kejadian luar biasan ini.

B. Tampak Tonjolan yang Sejajar dengan Pinggang

Ciri-ciri hamil anak perempuan berikutnya ini memang tidak semenonjol bayi laki-laki. Tapi kalau diraba, terasa sekali tonjolannya. Arah tonjolannya lebih terlihat ke atas. Hanya saja, ketika dibawa jalan, kurang begitu tampak. Soalnya bumil yang memasuki trimester terakhir juga mengalami pembesaran perut di bagian tersebut.

C. Morning Sickness Lebih Lama

Fenomena berupa morning sickness dialami oleh bumil mana pun di dunia ini. Khusus untuk bayi perempuan, durasinya lebih lama. Betul-betul menguji kesabaran. Tidak hanya itu. Rasa sakit di pagi hari akan bertambah dengan adanya perubahan suasana hati yang lebih cepat dari biasanya.

D. Tidur Paling Nyaman ke Sebelah Kanan

Janin perempuan yang berada pada perut sebetulnya tidak banyak meminta. Kontraksinya juga tidak sehebat bayi laki-laki. Kelembutannya tercermin pada kulit bumil yang mengandungnya. Ketika tidur ke sebelah kanan dirasa lebih nyaman, bukan berarti bertahan dengan posisi seperti itu terus. Selingiliah dengan posisi miring ke kiri meski sesekali.

E. Ibu Hamil Jadi Terlihat Lebih Cantik Dibanding Sebelumnya

Ada yang bilang ciri-ciri hamil bayi perempuan ini sebagai mitos. Apakah betul seperti itu? Percaya atau tidak, ternyata ciri tersebut betul adanya. Meskipun janin belum bisa bersuara, berpendapat, serta minta macam-macam, di dalam perut sudah bisa membawakan suasana. Hal itu akan tercermin pada solah-tingkah ibundanya tiap hari.

Bahkan kebanyakan ibu hamil yang mengandungnya jadi lebih suka melakukan perawatan diri. Padahal sebelum hamil terkesan cuek. Meskipun beberapa tetap ada yang cuek. Apakah Mom mengalami hal yang serupa dan lebih suka berlama-lama di depan cermin? Tapi, ketika memakai kosmetik, hindari penggunaan yang berbahan kimia biar tidak berbahaya ke janin.

F. Beban pada Pinggul Terasa Sangat Berat

Ciri-ciri hamil bayi perempuan berikutnya ini sangat khas dan tidak dimiliki oleh bumil yang mengandung bayi laki-laki. Makanya jangan heran ketika melihat ada bumil yang aktif berjalan hilir-mudik, padahal kandungannya sudah begitu besar. Bahkan hampir melahirkan. Bisa jadi itu ciri-ciri akan memiliki bayi laki-laki.

Meskipun beban terus bertambah berat, Mom tetap wajib aktif bergerak. Setiap pagi usahakan rutin berjalan tanpa alas kaki. Sebentar saja. Biar sendi dan otot-otot kaki terbiasa dengan peregangan. Jika menjelang persalinan, ciri-ciri hamil bayi perempuan ini akan menjalar hingga ke punggung. Begitu melahirkan, serasa tulang-tulang lepas semua.

G. Rambut Bumil Jadi Lebih Tipis serta Kusam

Meskipun pembawaan wajah dan fisik wanita yang mengandung bayi perempuan jadi lebih cantik, tapi perubahan rambut ini tidak bisa dipungkiri. Tanda-tandanya baru kelihatan ketika memasuki trimester ketiga hingga jelang melahirkan. Sedangkan untuk usia 1 minggu pertama atau trimester awal, belum tampak sama sekali.

Ciri-ciri hamil bayi perempuan tersebut hampir pasti dialami oleh bumil mana pun yang bersangkutan. Ketika sudah menyadari berbagai perubahan yang terjadi, jaga selalu hati Mom. Jangan sampai selama proses hamil diiringi dengan stres akut. Nanti bisa berdampak pula pada janin yang berada dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *