Tuesday, October 16
Home>>Kehamilan>>Cara Senam Hamil yang Mudah Dilakukan di Rumah
Kehamilan

Cara Senam Hamil yang Mudah Dilakukan di Rumah

Senam hamil merupakan aktivitas olahraga yang paling mungkin bisa dilakukan oleh Mom di rumah. Tubuh yang terus bergerak bisa membuat perkembangan janin dalam kandungan selalu stabil. Namun, tidak sembarang senam bisa dilakukan. Jika ingin melakukannya di rumah, coba pakai cara senam seperti berikut ini.

A. Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Seringan apa pun senam hamil yang dilakukan, tetap membutuhkan persiapan. Pemanasan dimulai dengan cara mengencangkan otot perut saat mengangkat lutut. Cara tersebut sangat ampuh untuk mencegah terjadinya cedera pada bagian punggung serta sendi panggul.Sebelum melakukan senam, takar kemampuan diri lebih dulu.

Pemanasan serta senamakan memiliki hasil yang optimal ketika suhu ruangannya sejuk. Pakaian yang dikenakan harap tidak terlalu tebal serta bisa menyerap keringat. Berhubung yang senam adalah Mom dan janin dalam kandungan, maka kebutuhan air sangat diperlukan.Mulai dari pemanasan, saat senam, hingga setelah selesai.

B. Senam dengan Menaiki Bangku Pendek

Variasi senam hamil yang pertama ini berfungsi untuk menguatkan otot-otot pada bagian tungkai bawah. Pemakaian bangku pendekini memiliki manfaat agar mudah digunakan selama senam berlangsung. Mula-mula, Mom berdiri dan letakkan bangku pendek tersebut. Tingginya usahakan tidak sampai melebihi 20 cm dan memiliki permukaan cukup lebar.

Secarahati-hati, pijakkanlah kakikirilebih dulu dan susul dengan kaki kanan. Lakukan pergerakan berulang seperti turun dan naik kembali dengan cara yang sama. Pelan-pelan saja, tidak perlu terburu-buru. Setiap hari, minimal lakukan senam ini antara 15 hingga 25 kali. Jaga punggung agar tetap dalam posisi lurus saat gerakan berlangsung.

C. Senam dengan Latihan Mengangkat Kaki

Senam hamil berikutnya hanya boleh dilakukan untuk Mom yang memiliki berat badan ideal.Soalnya untuk yang berat badannya berlebih, dikhawatirkan bisa mengganggu ketenteraman janin dalam kandungan.Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot parut serta punggung Mom. Bisa pula untuk menghindari potensi kelelahan selama hamil.

Pertama-tama, posisikan tubuh seperti merangkak. Kedua lutut membentuk sudut 90 derajat atau siku-siku.Lalu kedua lengan diluruskan. Secara perlahan, angkatlah tungkai sebelah hingga sejajar dengan punggung. Hentikan gerakan beberapa saat dan lakukan secara berulang.Senam ini hanya boleh dilakukan 10 kali untuk masing-masing kaki setiap harinya.

D. Senam dengan Cara Berjongkok

Senam hamil kali ini memiliki fungsi untuk membantu terbukanya jalan lahir bagi bayi Mom nantinya. Selain jongkok secara konvensional, bisa pula divariasikandenganadanya bola senam. Caranya dengan berdiri tegak terlebih dahulu. Posisikan badan hingga membelakangi dinding. Himpit bola senam yang berada di antara punggung dan dinding. Lalu kaki dibuka.

Secara perlahan, turunkan berat badan plus kaki sampai membentuk sudut 90 derajat. Sudut ini sangat aman diperagakan karena serupa dengan momen persalinan. Setiap harinya, lakukan senam ini selama 10 kali. Kalau lebih dari itu, dikhawatirkan badan Mom kelelahan dan bisa mengganggu kenyamanan diri serta janin dalam rahim.

E. Senam dengan Push-up di Dinding

Pada kehamilan masuk usia9 bulan, langsung hentikan senam ini bila dirasa memberatkan. Meskipun manfaatnya sangat besar untuk penguatan otot dada dan lengan? Betul. Lakukan selama diri sendiri merasa mampu. Caranya berdiri saja menghadap tembok. Majukan tubuh seolah-olah mendorong dinding secara perlahan. Lakukan senam ini selama 15 kali.

Senamhamil yang dicontohkan tersebut berdampak cukup besar untuk melenturkan tubuh. Terutama bagian otot yang selama periode kehamilan kerapkali tegang. Saat hamil, Mom akan mengalami banyak pelebaran pada masing-masing bagian tubuh, seakan terkesan gemuk. Hanya dengan senam tersebut, kemungkinan normal usai persalinan bisa berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *