Tuesday, September 25
Home>>Janin>>Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Usia Janin 1 Bulan
Janin

Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Usia Janin 1 Bulan

Morning sickness meruapakan gangguan yang sering muncul pada janin 1 bulan. Kondisi ini diakibatkan oleh perubahan tubuh Moms dan dialami oleh 90% wanita ibu hamil.

Kalau kasus morning sickness-nya parah, ada ibu hamil yang sampai tidak bisa menelan makanan sampai minum sekalipun. Kondisi ini dikenal dengan hiperemesis gravidarum (HG), sehingga membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Nah, kalau morning sickness yang dialami Moms masih dalam tahap normal, kiranya langkah-langkah berikut ini akan membantu.

Mengatasi Morning Sickness Saat Usia Janin 1 Bulan

Makan Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Ada banyak sekali jenis sayur di sekitar kita yang mengandung vitamin B6. Salah satunya adalah piang, alpukad, kacang-kacangan dan juga ayam. Terkadang dokter akan meresepkan suplemen vitamin B6 agar morning sickness ini berkurang.

Cobahlah Jahe

Jahe dipercaya mampu meredam morning sickness. Moms bisa menyeduhnya seperti membuat wedang jahe atau teh jahe. Hanya saja tidak semua wanita cocok dengan herba ini. Bahkan ada yang justru memperburuk kondisi kesehatan seperti merasakan perih di area ulu hati. Disamping itu, tidak disarankan mengkonsumsi jahe secara berlebihan karena bisa mengganggu kesehatan janin dan Moms sendiri.

Coba Minuman yang Bercitarasa Asam

Ada banyak sekali pengganti jahe bila Moms tidak suka. Moms bisa mencoba air lemon atau memakan buah-buahan yang memiliki rasa asam. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi rasa mual di awal kandungan janin 1 bulan.

Pakai Aromaterapi

Sejumlah wanita sedikit sensitif dengan bau-bauan. Bahkan ada yang langsung muntah ketika mencium masakan. Aromaterapi bisa Moms coba untuk mengurangi gejala morning sickness. Memang aromaterapi terbuat dari essense yang bearoma, akan tetapi biasanya bisa membuat rileks sehingga ketegangan berkurang dan mual-muntah pun hilang.

Jaga Pola Makan

Meskipun pada saat kondisi ini Moms kerap mengalami kesusahan mengkonsumsi makanan, tetaplah makan! Caranya bagi porsi makanan jadi kecil-kecil dan hindari makanan yang memicu mual-muntah. Carilah alternatif lain yang memiliki kandungan gizi yang sama. Plus, minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi. Morning sickness ini lama-lama akan berakhir seiring dengan perkembangan janin. Intinya hanya butuh kesabaran di usia janin 1 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *