Tuesday, October 16
Home>>Kehamilan>>Apakah Madu dapat Menyuburkan Kandungan? Ini Faktanya
Kehamilan

Apakah Madu dapat Menyuburkan Kandungan? Ini Faktanya

Memiliki buah hati setelah menikah dan resmi menjadi suami istri tentunya merupakan harapan terbesar bagi sebagian pasangan. Sejumlah orang percaya bahwa produk madu bisa meningkatkan peluang kehamilan pada wanita. Mengapa disebutkan demikian? Apakah madu dapat menyuburkan kandungan? Jika iya, apa kaitannya madu dengan kesuburan wanita? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Madu yang dikenal sebagai bahan makanan dan juga obat herbal alami baru-baru ini diklaim sebagai penunjang terjadinya kehamilan pada wanita. Tidak sedikit pasangan suami istri yang mengonsumsi madu ini dengan tujuan sebagai penyubur kandungan agar bisa meningkatkan peluang kehamilan. Sebelum pada pembahasan utama kita ada baiknya jika mengetahui kandungan dan manfaat dalam madu.

Terdiri dari kandungan 70-80% persen gula dan sisanya adalah air, mineral, dan protein merupakan komposisi nutrisi yang terdapat dalam madu. Selain itu, madu juga kaya akan fruktosa, mineral, glukosa, kalium, kalsium, magnesium, fosfat, natrium, belerang, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang lengkap, madu sudah terbukti dijadikan sebagai agen terapi alami pengobatan.

Fakta atau Mitos Apakah Madu dapat Menyuburkan Kandungan

Terkait dengan masalah kesuburan yang bisa diatasi dengan madu dan fakta ataukah mitos apakah madu dapat menyuburkan kandungan sebenarnya tidak menjadi suatu pendapat yang salah. Pasalnya dengan kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu dipercaya bisa mencegah ketidaksuburan pada pria melalui perlindungan dan penangkalan radikal bebas.

Meskipun demikian, sejauh ini ternyata belum ada bukti ilmiah kuat yang menunjukkan bahwa madu bisa menyuburkan kandungan serta benar-benar memiliki khasiat penting terhadap kesuburan baik pada pria ataupun wanita. Terlepas dari hal tersebut dimana madu ini belum terbukti secara klinis, madu memang memiliki khasiat tersendiri dalam kesehatan diantaranya yaitu :

  • Mengobati luka
  • Mengobati kanker
  • Diabetes melitus
  • Asma
  • Penyakit saraf
  • Infeksi bakteri
  • Demam
  • Diare
  • Batuk
  • Penyakit kardiovaskular
  • Penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan

Selain hanya berfokus pada fakta apakah madu bisa menyuburkan kandungan dan mempercepat proses terjadinya kehamilan, Anda dan pasangan dapat melakukan langkah-langkah sederhana yang sudah banyak terbukti membantu meningkatkan peluang kehamilan. Beberapa langkah-langkah tersebut diantaranya yaitu :

  1. Perbanyak mengonsumsi makanan penyubur seperti buah dan sayur yang tinggi akan kandungan antioksidan seperti betakaroten, vitamin C, vitamin E, zinc, dan folat untuk membantu melawan radikal bebas yang akan merusak sperma dan ovum.
  2. Penuhi asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki kesuburan. Anda dan pasangan dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung kalori saat sarapan dalam jumlah yang lebih banyak dan menguranginya saat makan di malam hari.
  3. Kurangi asupan makanan yang terlalu manis. Makanan manis sebenarnya masih bisa dikonsumsi jika pemanis yang digunakannya alami, seperti madu.
  4. Hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak trans, sebaiknya gantilah dengan makanan yang mengandung lemak sehar seperti extra virgin dan minyak zaitun.
  5. Batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat tinggi. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki kadar hormon yang bisa mendukung kesuburan.
  6. Kurangi asupan makanan yang mengandung protein hewani.
  7. Konsumsilah beberapa produk olahan susu yang memiliki kandungan rendah lemak.
  8. Konsumsi beberapa suplemen dan multivitamin penyubur kandungan.
  9. Rajin dan rutinlah melakukan olahraga.

Demikianlah fakta seputar apakah madu dapat menyuburkan kandungan atau tidak. Berdasarkan penjelasan diatas, sebaiknya Anda dan pasangan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan madu untuk penyubur kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *