Tuesday, October 16
Home>>Kehamilan>>Apa Saja Perubahan Signifikan Saat Hamil 4 Bulan?
Kehamilan

Apa Saja Perubahan Signifikan Saat Hamil 4 Bulan?

Hamil 4 bulan menjadi awal trimester ke-dua untuk Moms dimana akan terlihat sejumlah perubahan yang signifikan pada bentuk tubuh. Pada usia ini, Moms kemungkinan sudah harus memakai baju hamil karena ukuran perut sudah terlihat lebih buncit. Di usia 17-20 minggu, tidak jarang akan terasa sedikit getaran yang menandakan bayi mengalami pergerakan. Wajahnya pun sudah mulai terlihat melalui USG 4 dimensi.

Apa Yang Terjadi Pada Saat Hamil 4 Bulan?

Ukuran janin pada usia ini sekitar 13 cm dengan berat rata-rata mencapai 140 gram. Pembentukan tulang sudah lebih kuat dengan penanda tempurung kepala yang mulai keras, sistem saraf belakang mulai terbentuk dan terlindungi oleh lapisan pelindung mielin. Tidak hanya itu, tali pusar si kecil juga akan berkembang pesat dan semakin kuat dan mengembang.

Pada usia ke-17 minggu, janin pun sudah bisa merespon rangsangan bunyi dari luar. Jadi di saat ini sangat baik bila ibu mendengarkan musik klasik karena hal ini bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Selanjutnya di usia 18 minggu, Moms saat USG sudah bisa melihat jenis kelaminnya dan gerakan janinnya pun semakin kuat. Di usia 19 minggu, pembentukan organ-organ penting sudah mulai memperlihatkan fungsinya, terdengar dari fungsi panca indra yang sudah aktif. Di masa ini si kecil bahkan sudah bisa menelan cairan ketuban. Terakhir pada usia 20 minggu, bobot si kecil biasanya berubah menjadi 26 cm dengan bobot 300 gram. Si kecil pun akan lebih banyak menelan serta menyerap air ketuban. Hebat bukan?

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Moms?

Saat Moms hamil 4 bulan, perut akan terus berkembang lebih besar dan menggeser posisi usus. Sementara itu, tubuh Moms akan menyesuaikan postur tubuh dengan sendirinya.

Di usia ini bahkan Moms sudah mulai melihat peregangan di kulit perut dengan munculnya garis hitam dan kerontokan rambut pelan-pelan akan reda.

Tapi ingat, di usia hamil 4 bulan ini akan membuat Moms mulai sulit tidur dan cepat lelah. Jadi perhatikan gaya hidup dan stress Moms dengan baik agar tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *