Tuesday, October 16
Home>>Bayi>>5 Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir dan Tidak Boleh Ditinggalkan
Bayi

5 Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir dan Tidak Boleh Ditinggalkan

 

Ketika memasuki trimester terakhir, maka sudah saatnya Mom siapkan perlengkapan bayi. Apalagi kalau sudah tahu jenis kelaminnya perempuan atau laki-laki. Persiapan yang matang lebih menenangkan hati ketika proses persalinan berlangsung. Jadi, begitu lahir, si bayi langsung mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan. Apa saja perlengkapannya?

A. Perlengkapan untuk Kesehatan Bayi

Menjelang kelahiran, perlengkapan ini mutlak disiapkan karena selepas dari rumah sakit langsung diurus sendiri. Sebagai catatan, belilah perlengkapan secukupnya saja. Tidak perlu berlebihan karena kita belum tahu bobot bayi nantinya berapa. Setidaknya sudah sedia payung sebelum hujan. Kalau tidak bisa berangkat sendiri, bisa minta tolong ke suami.

Perlengkapan bayi yang dibutuhkan untuk kesehatannya meliputi termometer untuk memantau suhu badan. Kemudian ada kasa untuk menghalangi nyamuk masuk dan menggigitnya selagi tidur. Alkohol 70% dan betadine juga amat diperlukan ketika tanpa disadari, dia mengalami luka-luka karena suatu hal.

B. Perlengkapan untuk Kebutuhan Tidur Bayi

Efek melahirkan kerapkali membuat seorang ibu mudah kelelahan dan mengantuk. Perjuangan dalam menemani keseharian si kecil membutuhkan usaha yang keras. Beruntungnya, pada momen seperti itu, semangat untuk terus menjaganya selalu tumbuh meskipun tubuh tidak keruan rasanya. Mungkin inilah yang dimaksud kekuatan dari Tuhan.

Sayangnya, penjagaan kerapkali luput ketika malam tiba. Tepatnya ketika sang ibu terserang kantuk. Maka, untuk penjagaan ekstra, siapkan perlengkapan bayi seperti tempat tidur, kasur dan bantal yang tidak terlalu empuk, selimut lembut, dan perlak. Kemudian untuk mewanti-wanti adanya keringat yang menetes di tubuhnya, siapkan kain berdaya serap tinggi.

Keringat yang menempel pada bayi rupanya bisa menjadi hal yang serius ketika dibiarkan. Soalnya sistem kekebalan tubuh si bayi belum tumbuh secara maksimal. Sedangkan bakteri dan kuman suka sekali memanfaatkan keringat sebagai jalan masuk. Dengan adanya kain tersebut, bayi Mom akan selalu kering sepanjang malam.

C. Sediakan pula Perlengkapan untuk Mandi

Perlengkapan bayi ini wajib ada dan bisa diwakilkan pada seseorang jelang melahirkan. Sederhana saja. Mulai dari bak mandi, sabun mandi batangan/cair, tisu basah, gunting kuku, kapas, handuk, bedak, perlak atau alas untuk ganti pakaian, dan lain-lain yang diperlukan. Bila perlu, beli pula pelampung untuk menjaga kesehatan jantungnya.

D. Perlengkapan untuk Berpakaian

Sebelum beli perlengkapan ini, beli dulu tempat yang bersih dan steril bila perlu. Pakaian yang kelak dikenakan ke tubuhnya akan terus menempel seharian. Sayang sekali kalau sampai mudah kotor sehingga kuman jahat bisa kapan saja ikut menempel. Lindungi pula dengan bau-bauan yang membuat hewan lain menjauh, misalnya seperti kamper.

Setelah itu, baru siapkan perlengkapan bayi ini seperti setelan baju berlengan panjang, atasan berlengan pendek, popok, kaus tangan & kaki, celana dengan penutup bagian bawah, dan lain-lain. Untuk melindungi dari sinar matahari ataupun cuaca ekstrem di malam hari, sediakan topi hangat.

E. Sediakan Perlengkapan untuk Bepergian

Cukup banyak daftar perlengkapan untuk bayi baru lahir yang dijual dengan harga murah. Khusus untuk kebutuhan seperti bepergian, sediakan gendongan bayi silang. Kemudian sediakan pula tas yang berukuran sedang sebagai tempat pakaian bayi. Siapa tahu di perjalanan dia buang air sehingga mau tidak mau wajib diganti.

Ada perlengkapan bayi yang bersifat temporer, ada pula yang bisa digunakan dalam waktu lama. Keduanya dipilah berdasarkan fungsinya untuk memudahkan penerapannya sehari-hari. Kenapa perlengkapan tersebut tidak boleh ditinggalkan? Soalnya untuk kebutuhan secara umum. Sedang kebutuhan khusus seperti musik klasik, lebih bersifat opsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *